Dalam menunaikan ibadah Idul Adha, disemarakkan dengan melakukan kegiatan berkurban. Berkurban ini dilakukan dengan melakukan penyembelihan hewan kurban yang dilaksanakan setelah menunaikan ibadah sholat Idul Adha. Penyembelihan hewan kurban, biasanya dilakukan pada hewan ternak seperti sapi, kambing, dan unta. Banyak orang yang memilih kambing sebagai hewan kurbannya, jadi Anda bisa melihat tips memilih kambing kurban yang baik untuk berkurban sebagai cara untuk memudahkan Anda saat hendak membeli dan memilih hewan kurban Anda.

Pemilihan hewan kurban tidak boleh secara asal-asalan. Hal ini dikarenakan agar pelaksanaan berkurbannya sah, dengan menggunakan hewan kurban yang sesuai dengan syariah Islam. Sama seperti halnya ketika Anda memilih kambing sebagai hewan kurban Anda. Sehingga Anda perlu mengetahui dan memperhatikan bagaimana membeli dan memilih kambing yang baik. Anda bisa memperhatikan beberapa tips memilih kambing kurban yang baik untuk berkurban berikut ini, agar bisa memudahkan Anda dan Anda tidak salah saat memilihnya nanti.

Berikut beberapa tips memilih kambing kurban yang baik untuk berkurban yang bisa Anda lakukan.

Pertama, pastikan bahwa kambing tidak cacat dan dalam keadaan sehat.

Kedua, tentu saja seluk beluk kambing harus Anda ketahui, karena harus dijual atau dibeli dari kepemilikan yang sah (misalnya, kambingnya bukan hasil curian, atau juga dibeli bukan dengan uang haram atau riba).

Ketiga, untuk kambing ini, Anda tidak diperbolehkan patungan dalam membelinya (sesuai dengan ketentuan syariah Islam dalam berkurban).

Keempat, kambing untuk kurban harus cukup usianya sekitar 1 tahun lebih, untuk mengetahuinya Anda bisa melihat dari giginya yang sudah berganti (dari gigi susu yang lebih putih, sudah berganti ke gigi tetap yang lebih besar).

Kelima, kambing yang Anda pilih adalah jantan, walaupun betina juga tidak apa-apa, dan memiliki tanduk, walaupun tidak memiliki tanduk juga tidak apa-apa, serta pilih kambing yang mayoritas memiliki warna putih. Selain itu, dalam memilih kambing untun berkurban, Anda juga perlu memperhatikan kebersihannya. Bisa dari bulunya yang mengkilat, memiliki mata yang jernih, tubuhnya gemuk dan berisi, lendir hidung dan air liurnya tidak berlebihan, tidak memiliki penyakit kulit, alat kelaminnya tidak besar sebelah, dan kambing itu memiliki suhu tubuh yang normal. Dalam memilih kambing untuk berkurban, ada pula tips lain yang bisa Anda lakukan. Seperti halnya, Anda memiliki niat yang tulus untuk membeli kambing untuk berkurban nanti, Anda juga harus memastikan dan menyesuaikan budget dan kemampuan Anda untuk membeli kambing, dan tentu saja Anda harus membeli kambing Anda dari penjual yang terpercaya.

Jangan berpikir “asalkan murah dan dapat barang” tetapi kualitas dan kualifikasi tidak sesuai dengan syariah Islam. Tidak ada salahnya memilih kambing yang sedikit mahal, tetapi sesuai syariah Islam. Oleh karena itu, sangatlah penting bagi Anda untuk menggunakan atau melakukan tips memilih kambing kurban yang baik untuk berkurban sebelum Anda membeli hewan untuk berkurban.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *