Berkurban memiliki keutamaan yang sangat mulia. Melaksanakan serta menunaikan ibadah qurban adalah suatu hal perbuatan yang sangat baik dan mulia yang sunah hukumnya untuk dilakukan. Menunaikan ibadah qurban, harus dilakukan dengan niat yang baik, sehingga Anda akan mendapatkan berkah yang baik juga. Sebelum menunaikan ibadah qurban, Anda perlu melakukan pemilihan hewan kurban untuk berkurban. Hal ini dikarenakan, dalam berkurban memiliki makna untuk menyembelih hewan ternak. Hewan ini adalah hewan ternak, biasanya hewan yang sering digunakan untuk menunaikan ibadah qurban ini adalah kambing, sapi, atau unta.

Menjelang hari raya Idul Adha, pasti banyak yang mencari-cari hewan ternak untuk berkurban nanti. Di setiap tahun ibadah ini dilaksanakan, dan di setiap tahun pula umat muslim banyak yang memburu dan membeli hewan ternak ini. Tetapi, apakah Anda tahu, bagaimana melakukan pemilihan hewan kurban untuk berkurban yang baik dan sesuai dengan syarat? Berikut beberapa penjelasan singkat untuk Anda dalam memilih hewan untuk berkurban yang baik dan sah.

Tidak semua hewan bisa Anda gunakan untuk berkurban. Gunakanlah hewan ternak yang sudah ditentukan sesuai ketentuan Islam. Kriteria hewan ternak yang baik dan sah untuk berkurban yakni, untuk domba harus yang sudah berumur 1 tahun lebih, untuk kambing, sapi atau kerbau harus yang sudah berumur 2 tahun lebih, sedangkan untuk unta harus yang sudah berumur 5 tahun lebih. Ada pula persyaratan yang perlu diperhatikan dalam memilih hewan untuk berkurban yaitu, pilihlah hewan ternak yang sesuai dengan ketentuan Islam, baik dari jenis hewan, hingga kriterianya.

Kemudian, hewan ternak tersebut merupakan milik Anda sendiri dengan cara membelinya ataupun memeliharanya, bukan hewan milik orang lain apalagi dari hasil gadai ataupun hasil mencuri. Lalu, hewan tersebut tidak cacat dan tidak mempunyai penyakit. Cacat yang dimaksudkan di sini adalah seperti, matanya rusak, kakinya pincang, tulang-tulangnya kelihatan karena hewan sangat kurus, ada kejanggalan pada bagian tubuh, dan juga penyakit yang jelas terlihat. Sehingga, Anda perlu berhati-hati dan harus sangat memperhatikan hal-hal tersebut ketika Anda ingin dan akan melakukan pemilihan hewan kurban untuk berkurban. Hewan ternak yang diutamakan untuk berkurban adalah hewan ternak yang memenuhi beberapa sifat sempurna dan bagus, seperti bertubuh gemuk, memiliki daging yang banyak, memiliki bentuk fisik tubuh yang sempurna dan bagus (tidak cacat), dan biasanya harganya mahal, karena kalau murah terkadang tidak sesuai dengan kriteria dan syarat yang dianjurkan sesuai dengan ketentuan Islam tentang hewan ternak untuk berkurban.

Sehingga, dengan Anda memperhatikan beberapa kriteria, syarat-syarat, dan juga sifat-sifat yang baik dan juga sah seperti yang sudah dijelaskan di atas. Diharapkan, dapat membantu Anda dalam melakukan pemilihan hewan kurban untuk berkurban. Sehingga, niat Anda untuk melakukan ibadah qurban, dapat terlaksana dengan baik dan berkah karena sesuai dengan ajaran dan ketentuan yang ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *