Susu segar menjadi pilihan bagi beberapa orang sebagai konsumsi untuk harian. Susu segar memiliki banyak manfaat dan khasiat untuk tubuh sehingga konsumsi setia hari juga bisa membuat kesehatan tubuh meningkat. Banyak sekali toko jual susu yang segar saat ini, bahkan mau mengantarkannya langsung ke rumah. Namun seiring dengan perkembangan teknologi, jual susu sapi segar pun merambah ke online dimana kini mudah ditemui.Susu segar menjadi pilihan bagi beberapa orang sebagai konsumsi untuk harian. Susu segar memiliki banyak manfaat dan khasiat untuk tubuh sehingga konsumsi setia hari juga bisa membuat kesehatan tubuh meningkat.

Banyak sekali toko jual susu yang segar saat ini, bahkan mau mengantarkannya langsung ke rumah. Namun seiring dengan perkembangan teknologi, jual susu sapi segar pun merambah ke online dimana kini mudah ditemui. Namun biasanya toko atau pedagang yang jual susu segar kerapkali menjualnya dalam kondisi mentah. Untuk itu, Anda perlu merebusnya terlebih dulu sehingga dapat membunuh mikroba sehingga susu aman dikonsumsi. Susu pasteurisasi ini aman untuk diminum dalam kondisi dingin dan merebusnya bisa memperpanjang waktu kadaluwarsanya. Untuk merebus susu segar sendiri, Anda butuh bisa melakukannya dengan menerapkan tips berikut ini:

1. Periksa susu terlebih dulu

Beberapa jenis susu memang sudah dibuat langsung diminum namun ada beberapa juga yang butuh direbus terlebih dulu. Untuk jenis susu segar memang harus dan wajib direbus demi membunuh mikroba nya. Namun untuk susu pasteurisasi tidak perlu direbus jika Anda menyimpannya di kulkas atau ruangan dingin. Sedangkan susu UHT biasanya sudah dilabeli apakah aman atau tidak untuk diminum langsung.

2. Tuang susu ke panci bersih

Pastikan untuk memilih panci tinggi sehingga memiliki banyak ruang mengingat susu kerap berbusa saat mendidih dan luber jika memakai panci yang kecil. Untuk jenis panci yang dipilih, Anda bisa memilih panci berbahan tembaga, stainless steel hingga alumunium agar bisa memanas lebih cepat.

3. Panaskan susu sampai menggelembung

Susu bisa dipanaskan dengan api sedang saja. Nantinya lapisan krim ini akan bisa berkilau saat susu dipanaskan dan akhirnya akan menimbulkan gelembung. Jika sudah mulai menggelembung, kecilkan api hingga busa tersebut berlapis-lapis. Ketika memanaskan, ada baiknya jika Anda mengaduknya sesekali sehingga panas bisa tersebar rata ke semua susunya.

4. Hentikan pembentukan busa

Seiring dengan mendidihnya susu, krim di atas susu akan membuat pencegahan terhadap uap nya. Nantinya panas ini akan menjadikan krim berbusa yang naik dan kemudian luber ke panci. Untuk mencegahnya, Anda bisa menurunkan panas sampai gelembung susu membentuk di laju stabil. Aduk terus menerus sehingga busa pecah. Ada baiknya merebus susu sampai sekitar 3 menit sehingga aman dikonsumsi. Segera simpan susu tersebut di wadah lain dan tutup rapat lalu masukkan ke kulkas. Tunggu dingin dan susu pun siap diminum.

Namun jika Anda menginginkan susu sehat tanpa ribet merebus, maka Anda bisa memilih Lemonilo sebagai salah satu marketplace yang jual susu yang segar dan makanan menyehatkan lainnya. Tersedia banyak produk alami dan menyehatkan yang bisa Anda dapatkan di Lemonilo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *