Indonesia merupakan negara agraris dan negara maritim. Sebagai negara yang memiliki banyak sekali potensi, seharusnya Indonesia tidak lagi memiliki masalah akan krisis pangan. Pasalnya, Indonesia memiliki ladang pertanian yang cukup luas sehingga hasil panennya dapat menghidupi masyarakat Indonesia. Namun, nyatanya Indonesia mengimpor kebutuhan sembako dan kebutuhan pangan dari luar negeri. Salah satu solusi akan krisis pangan yaitu adanya wakaf pangan. Wakaf berwujud pangan merupakan salah satu wujud wakaf yang berupa harta benda produktif sehingga dapat dimanfaatkan dan hasilnya dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat Indonesia terutama para kaum dhuafa.

Dari data yang didapatkan dari bisnis.liputan6.com, Indonesia memasok pangan dari negara lain terutama memasok kebutuhan sembako seperti gula, beras, minyak goreng, hingga kedelai. Padahal luas perkebunan kelapa sawit di Indonesia mencapai 755.787 Ha (menurut Direktorat Jenderal Perkebunan tahun 2016). Selain itu, luas lahan sawah menurut provinsi pada tahun 2014 di Indonesia seluas 8.114.829 Ha (menurut Badan Pusat Statistik). Melihat kondisi tersebut, seharusnya Indonesia tidak perlu lagi mendatangkan bahan pangan dari negara luar. Namun, kenyataannya berdasarkan data dari Global Hunger Index pada tahun 2016, sedikitnya 19 juta penduduk di Indonesia masih kekurangan gizi dan kelaparan. Sehingga wakaf pangan di Indonesia harus lebih digiatkan lagi. Dengan melihat keadaan Indonesia secara geografis tersebut, Indonesia memiliki banyak sekali peluang wakaf dalam wujud pangan sehingga dapat memberikan kesejahteraan masyarakat umum.

Terdapat banyak sekali contoh wakaf pangan yang bisa Anda lakukan. Misalnya saja, dengan cara wakaf sawah. Wakaf sawah merupakan wakaf yang berupa pemberian lahan pertanian sehingga dapat dikelola secara produktif. Wakaf yang dikelola dengan baik dan menjadi produktif akan memberikan hasil yang melimpah. Sehingga hasil tersebut bisa digunakan untuk menghasilkan sumber pangan yang memiliki kualitas bagus, serta dapat mengatasi masalah kelaparan yang masih banyak terjadi di Indonesia. Tidak hanya dalam wujud lahan pertanian saja, Anda juga bisa memberikan wakaf sumur. Wakaf sumur dapat diberikan di beberapa daerah di Indonesia, khususnya yang memiliki masalah pelik akan kekeringan.

Di Indonesia bagian timur, masih terdapat banyak sekali pedesaan yang memiliki titik sumber mata air dengan jarak yang cukup jauh. Selain itu, di Indonesia juga banyak sekali daerah-daerah yang masuk kedalam kategori wilayah kekurangan air sehingga membutuhkan sumber mata air. Dengan adanya wakaf berwujud pangan, kekeringan, kelaparan, hingga kemiskinan yang menjadi akar permasalahan di Indonesia dapat teratasi. Salah satu cara efektif untuk menyalurkan wakaf pangan yaitu kepada lembaga pengelola wakaf produktif, salah satunya globalwakaf.com. Wakaf berwujud pangan akan bersifat produktif apabila masih menghasilkan suatu manfaat sehingga keuntungan dari hasil wakaf tersebut bisa digunakan untuk memberdayakan dan memberikan kesejahteraan untuk masyarakat umum.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *